Logo Bloomberg Technoz

Jika hukuman dijatuhkan, maka diharapkan akan menghentikan PwC China untuk mengaudit hasil-hasil keuangan dan restrukturisasi, berdasarkan kasus-kasus sebelumnya. Perusahaan ini menolak berkomentar.

Country Garden sedang melawan  permohonan likuidasi di pengadilan Hong Kong. Perusahaan telah menunda mengumumkan hasil semester pertama dan setahun penuh 2023 karena membutuhkan lebih banyak waktu mengumpulkan informasi, katanya dalam sebuah pengajuan di bursa pada akhir Agustus.

Perusahaan ini sedang mencari restrukturisasi holistik untuk utang dolar dan yuan. 

PwC mengatakan dalam surat pengunduran dirinya bahwa mereka sedang menunggu Country Garden untuk memberikan dokumen-dokumen yang belum diserahkan, termasuk perkiraan arus kas, untuk menilai posisi likuiditas pengembang ini.

Pengunduran diri sering terjadi ketika seorang auditor dan kliennya memiliki kesenjangan ekspektasi secara  signifikan, kata Pingyang Gao, akademisi dan profesor akuntansi dan hukum di HKU Business School. 

“Laporan keuangan yang telah lama tertunda untuk diaudit dari Country Garden pada akhirnya dapat mengejutkan pasar secara besar-besaran, seperti halnya China Evergrande,” kata Gao. 

Di antara firma-firma akuntansi Big Four, PwC adalah salah satu yang paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan real estat Cina yang terdaftar di Hong Kong, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Lebih dari 30 perusahaan publik yang berbasis di daratan Tiongkok, termasuk raksasa milik negara Bank of China Ltd dan PetroChina Co telah menghentikan penggunaan PwC sebagai auditor mereka tahun ini.

(bbn)

No more pages