Logo Bloomberg Technoz

Untuk saat ini, teknologi ini difokuskan untuk meringkas pesan dan notifikasi, daripada menandingi interaktivitas yang memukau dari rivalnya. Apple punya harapan pada iPhone generasi terbaru karena perangkat ini menyumbang 60% ke total pendapatan perusahaan, hingga model AI akan menghembuskan kehidupan baru.

Konsumen yang terdorong untuk berbelanja atas teknologi perangkat tentu yang diharapkan Apple tahun ini. Diketahui perusahaan ini baru saja mulai bangkit dari kemerosotan penjualan terpanjang dalam beberapa dekade.,Selain iPhone 16, Apple akan memperkenalkan versi terbaru dari Apple Watch dan AirPods.

Apple Event. (Sumber: Apple)

ChatGPT Ada di iPhone Apple, Untung atau Rugi?

OpenAI mengatakan integrasi ChatGPT dapat dilakukan secara gratis dan pengguna “dapat menghubungkan akun mereka dan mengakses fitur-fitur berbayar langsung dari pengalaman ini.”  Kesepakatan kemitraan yang terselenggara pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Kerja asama ini diharapkan memberi pengalaman bagi pengguna Apple akan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang diusung OpenAI sejak diperkenalkan tahun 2022. Pengguna perangkat Apple mampu mengakses kehandalan ChatGPT termasuk fitur  pemahaman gambar dan dokumen-tanpa harus berpindah-pindah alat. 

Siri juga dapat memanfaatkan kecerdasan ChatGPT jika diperlukan. Pengguna Apple akan ditanyai sebelum pertanyaan dikirim ke ChatGPT, bersama dengan dokumen atau foto, dan Siri akan memberikan jawabannya secara langsung, kata OpenAI. Writing Tools, salah satu fitu ChatGPT juga hadir di sistem Apple, yang dapat membantu pengguna membuat konten untuk apa pun yang mereka tulis.

Akan ada pertaruhan bahwa fitur AI generatif ChatGPT ke iPhone akan menarik perhatian pelanggan di rilisan terbaru atau perangkat lama yang masih berhak atas update iOS 18.

Baca Juga: Seluk beluk Apple Intelligence

“Ini adalah momen yang sudah lama kami usahakan,” kata VP Senior Craig Federighi, yang bertanggung jawab atas bisnis dan pengembangan Software Apple. Dia menggambarkan Apple Intelligence sebagai “AI untuk kita semua,” yang menyinggung slogan lama tentang komputer Mac.

Perangkat Baru iPhone 16

Apple akan memperkenalkan empat model; iPhone 16, 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max, mirip seperti perilisan di tahun 2023 dengan seri 15-nya. Perubahan minor dipercaya akan hadir pada non-Pro.

Ukuran layar  iPhone 16 dan 16 Plus akan sama, 6,1 inch dan 6,7 inch dan casing aluminium. Namun dua model non-Pro terbaru punya cip 8 gigabyte (GB), lebih baik dari sebelumnya 6GB, yang membatu menjalankan fitur Apple Intelligence serta lainnya.

iPhone 16 dan 16 Plus akan memiliki tombol Action yang sama dengan seri iPhone Pro 15 Susunan kamera pada belakang perangkat tersusun vertikal dengan dukungan fitur perekaman video spasial - klip 3D yang dapat dilihat dengan headset Vision Pro Apple.

Untuk iPhone 16 Pro dan Pro Max terdapat perubahan mayor yaitu layar dengan ukuran naik jadi 6,3 inch pada model terkecil. Pada edisi sebelumnya ukuran 6,1 inch. Versi termahalnya (Max) layar naik menjadi 6,9 inch dari 6,7 inch. Bazel diklaim sepertiga lebih ramping meski secara fisik perubahan hanya lebih ringkat 5%.

iPhone 16 Pro akan mendukung Apple Intelligence dengan penyertaan memori 8 GB. Fitur kamera mengalami update ke lensa 48 megapiksel (MP)dari lensa 12 megapiksel untuk kamera ultrawide-angle.

Baca Juga: Rincian Deal Apple-OpenAI Soal ChatGPT

Pemutakhiran dari sisi kamera akan menyamai jumlah megapiksel kamera ultrawide-angle standar pada model tahun lalu. 5x optical zoom pada lensa telefoto hadir pada iPhone 16 Pr, naik dari tiga kali lipat, untuk menyamai versi Max. Hadir pula tombol  touch-sensitive pada sisi kanan perangkat ponsel untuk dua model tertinggi guna pengambilan video dan foto.

Tombol touch-sensitive  akan menjadi nilai jual terbesar untuk iPhone baru, selain AI, dilaporkan Bloomberg News. Tombol ini akan bekerja mirip dengan shutter pada kamera DSLR. Tombol akan bersifat kapasitif, sehingga pengguna dapat mengusapnya untuk berpindah antara mode foto dan video, serta memperbesar dan memperkecil. 

Pilihan warna nyaris sama seperti tahun lalu, namun untuk model baru ditambahan gold titanium sebagai pengganti blue titanium. Tiga warna lain, hitam, putih, dan natural, tetap tersedia.  Versi non Pro hadir kuning sebagai pengganti putih dengan pilihan lain pink, biru, dan hijau.

(ibn/wep)

No more pages