Logo Bloomberg Technoz

Kasus Covid-19 Varian Arcturus Bertambah di Indonesia

Fransisco Rosarians Enga Geken
18 April 2023 13:00

Tes usap Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Tes usap Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menemukan pasien positif Covid-19 yang terjangkit varian XBB 1.16 atau Arcturus. Pemerintah menemukan lima pasien terkonfirmasi varian yang berkembang lebih dulu di India tersebut. Sehingga, total pasien varian baru tersebut mencapai tujuh orang.

"Semua pasiun sudah sembuh (tambahan kasus) 2 pasien di Surabaya dan 3 di Jakarta. Semua membaik dengan gejala ringan," kata juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril dalam rilis lembaganya, Senin (17/4/2023).

Menurut dia, virus corona sub varian Arcturus masih dalam status under monitoring atau tidak termasuk variant of concern. Lahirnya sub varian baru kerap berhubungan dengan kenaikan kasus khusus di negara lain. 

Beberapa negara dengan jumlah lonjakan pasien varian Arcturus adalah India, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Thailand dan Australia. Semuanya adalah negara tetangga yang memiliki akses perjalanan dari dan menuju Indonesia.

"Untuk Indonesia, kalau kita melihat dalam satu minggu terakhir ada memang kenaikan kasus positif. Sudah ditemukan dua kasus di awal pada 5 April dan hari ini kita umumkan bertambah 5 menjadi 7 kasus," kata dia.