Logo Bloomberg Technoz

"Yang pasti, Waskita masuk ke HK itu sudah, PP [Peraturan Pemerintah]-nya sedang proses." ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat ditemui di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Jika sudah bergabung nantinya Waskita tidak akan lagi mengambil proyek jalan tol, sebagai antisipasi perusahaan yang terus didera kerugian dalam proyek jalan bebas hambatan tersebut.

Meski begitu, dia memastikan emiten konstruksi pelat merah tersebut akan tetap menyelesaikan sejumlah proyek tol yang saat ini masih dalam proses pembangunan, meliputi ruas Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), penambahan ruas di Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), dan Cibitung-Cimanggis (CCT).

Sementara itu, Tiko, sapaan akrabnya, untuk dua klaster lain masih dalam tahap proses penggagasan dan kajian lebih lanjut.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya mengatakan, perusahaan juga kini tengah melakukan sejumlah persiapan terkait dengan rencana merger tersebut.

"Saat ini WIKA sedang melakukan segala kesiapan sistem internal, lalu memastikan kesiapan organisasi dan sebagainya," ujar Mahendra, akhir Agustus lalu.

Mahendra tak membeberkan secara detil ihwal skema penggabungan usaha kedua perusahaan konstruksi pelat merah tersebut. Namun, dia memastikan perusahaan akan tetap mengikuti segala bentuk keputusan pemerintah.

Dia juga belum memastikan apakah penggabungan tersebut akan berimbas pada pengurangan jumlah karyawan kedua perusahaan. "Intinya on progres kita sedang siapkan. Kita tunggu, arahannya seperti apa ya kita ikuti," ujar dia.

(wep)

No more pages