Logo Bloomberg Technoz

PON XXI Aceh - Sumut

Persiapan 100%, Presiden Jokowi Siap Buka PON XXI Aceh-Sumut


(Dok. Ist)
(Dok. Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memastikan bahwa upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 9 September 2024 siap digelar dan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pernyataan ini disampaikan Muhadjir saat meninjau langsung gladi persiapan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (5/9/2024) malam.

“Opening ceremony sudah saya saksikan langsung. Tema yang diusung sudah sangat baik dan tidak ada yang perlu diberi catatan khusus,” ujar Muhadjir usai menyaksikan gladi kotor para penari kolosal yang dipersiapkan untuk acara pembukaan.

Tema tarian kolosal pada upacara pembukaan nanti akan menonjolkan sosok pahlawan perempuan legendaris asal Aceh, Laksamana Malahayati.

Muhadjir pun memuji konsep ini karena mampu mengangkat semangat kepahlawanan perempuan dan menghindari bias gender. "Pahlawan tidak hanya laki-laki, tapi juga perempuan. Apalagi Aceh memiliki dua pahlawan terkenal, yakni Cut Nyak Dhien dan Laksamana Malahayati," tambahnya.