Logo Bloomberg Technoz

Di sisi lain, Boni menyebut, nilai investasi yang telah disalurkan oleh Venture Capital (VC) mencapai US$172,3 juta (setara Rp2,6 triliun)

“Angka ini cukup besar jika dibandingkan dengan apa yang telah dikeluarkan oleh Kominfo dengan impact itu enam kali lipat dan ini yang dirasakan oleh teman-teman startup,” imbuhnya. 

Diketahui, Kominfo telah meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sejak 2016 lalu. Gerakan itu dilakukan di sejumlah kota-kota besar di Indonesia untuk mendirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya, sekaligus juga menyediakan co-working space agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.

Gerakan itu bertujuan untuk melahirkan entrepreneur baru yang akan menjadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia. 

Pada acara yang sama Kominfo juga membikidik kontribusi ekonomi digital terhadap PDB pada tahun 2045 mencapai 20% dengan nilai US$88,9 triliun. "Kontribusi ekonomi digital 20,7% dari PDB," kata dia, dibandingkan posisi saat ini di level 4-5%.

Demi mendukung target ini pemerintah bakal menerbitkan Perpres Ekonomi Digital dimana akan mengatur peran dari masing-masing kementerian lembaga dalam mewujudkan misi sebagaimana tertuang dalam Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030.

(wep)

No more pages