Logo Bloomberg Technoz

Ia menekankan pemerintah perlu terus memastikan melakukan pembangunan yang bertahan dalam jangka panjang tanpa merusak lingkungan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Dampak ekonomi dari perubahan iklim tentunya juga dapat memicu ketidakstabilan sosial-politik, di mana biasanya masyarakat miskin atau yang paling miskin akan lebih banyak menanggung akibatnya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga menyatakan krisis iklim dapat menimbulkan kesenjangan sosial yang berakhir pada ketegangan politik.

Maka dari itu, ia menegaskan perubahan iklim perlu diatasi. Terlebih Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization/WMO) telah menyatakan tahun 2023 merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat.

“Perubahan iklim tidaklah mudah, tidak bisa dilakukan begitu saja karena kita memiliki niat baik untuk menyelamatkan dunia, lalu tiba-tiba besok sudah terjadi. Hal ini membutuhkan banyak usaha dan banyak tantangan, baik dari sisi regulasi peraturan, teknis, pendanaan,” tuturnya.

(azr/lav)

No more pages