Logo Bloomberg Technoz

Cadev RI Terbesar Sepanjang Masa, Rupiah Tekuk Dolar AS

Tim Riset Bloomberg Technoz
06 September 2024 16:20

Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)
Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah mengakhiri pekan perdagangan dengan gemilang, didukung kabar baik lonjakan posisi cadangan devisa Agustus ke level tertinggi dalam 25 tahun terakhir.

Rupiah spot ditutup menguat 0,21% ke level Rp15.365/US$. Level tersebut mencerminkan juga capaian penguatan mingguan 0,58%, dan kenaikan nilai sejak kuartal III-2024 sebesar 6,2% quarter-to-date.

Selain karena arus masuk modal asing yang masih deras ke pasar domestik, baik ke pasar saham dan surat utang, terpicu oleh sentimen pemangkasan bunga Federal Reserve, rupiah hari ini juga terangkat oleh rilis data cadangan devisa Agustus.

Bank Indonesia melaporkan, posisi cadev sampai akhir Agustus lalu mencapai US$150,2 miliar, naik US$4,82 miliar dibanding akhir Juli dan menjadi level cadangan devisa tertinggi dalam catatan yang dikumpulkan sejak 1998 silam.

Kenaikan posisi cadev itu jelas semakin memberikan bekal bagi rupiah ke depan menghadapi volatilitas pasar yang mungkin akan makin tajam, seiring makin dekatnya 'gong' penurunan bunga The Fed dimulai.