Logo Bloomberg Technoz

Deteksinya di Kinshasa menjadi perhatian khusus karena tingginya kepadatan penduduk kota tersebut, kedekatannya dengan Brazzaville, ibu kota Republik Kongo, serta koneksi internasional melalui perjalanan udara. Kasus-kasus telah dilaporkan di beberapa negara Afrika serta di Thailand dan Swedia.

Petugas merawat pasien cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) di Nyiragongo, Kivu Utara, Kongo, Selasa (20/8/2024). (Arlette Bashizi/Bloomberg)

Lebih dari 550 orang telah meninggal akibat mpox di Kongo tahun ini. Meskipun varian clade Ia adalah yang paling sering dilaporkan di negara yang luas ini, strain Ib telah menarik perhatian internasional sejak muncul di Provinsi Kivu Selatan tahun lalu karena terkait dengan penularan antarmanusia yang berkelanjutan yang dipicu oleh kontak fisik dekat dengan individu yang terinfeksi, termasuk melalui hubungan seksual.

Sirkulasi bersamaan dua strain yang berbeda terdeteksi menggunakan pengurutan genom spesimen virus dari kasus di bulan Juli dan Agustus di Kinshasa, menurut studi yang dirilis sebelum tinjauan sejawat dan publikasi.

Temuan ini menggambarkan kompleksitas wabah mpox di Kongo dan perlunya peningkatan pengawasan masyarakat serta penyelidikan lebih lanjut untuk lebih memahami dan menangani faktor-faktor yang berkontribusi terhadap wabah tersebut, kata para penulis makalah tersebut yang berasal dari berbagai negara, dipimpin oleh Placide Mbala-Kingebeni dan Tony Wawina-Bokalanga dari Institut Nasional Penelitian Biomedis Kongo.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis rancangan rencana respons mpox minggu lalu yang berfokus pada vaksinasi bagi petugas kesehatan dan pekerja garis depan serta orang-orang yang diketahui telah terpapar virus tersebut. Kongo menerima vaksin mpox pertamanya pada hari Kamis.

(bbn)

No more pages