Logo Bloomberg Technoz

Hal Yang Harus Diperhatikan saat Olahraga Ketika Cedera Lutut 

Dinda Decembria
06 September 2024 14:30

Seorang pria berolahraga di bawah pohon saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)
Seorang pria berolahraga di bawah pohon saat suhu tinggi di New Delhi, India, Sabtu (18/5/204). (Anindito Mukherjee/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ada yang perlu diperhatikan apabila telah mengalami cedera lutut saat berolahraga. Dokter Spesialis Orthopedi, Dr. dr L Andribert P. Pontoh SpOT mengatakan sebaiknya seseorang tidak memaksakan diri melanjutkan aktivitas tersebut.

"Jadi, kalau orang itu cedera, biasanya akan berhenti olahraga karena sakit, tidak dapat gerak, bengkak, keluhan utama saat cedera," kata dokter Andribert melalui siaran virtual Kementerian Kesehatan.

Lebih lanjut, dokter Andribert mengatakan hal pertama kali penanganan pada seseorang yang mengalami cedera lutut saat berolahraga. Pertama pasien, lututnya harus diistirahatkan, setop olahraga. Kemudian, lanjut dia, sedapat mungkin seseorang mendapatkan kompres dengan es. 

"Bebat, lututnya tinggikan, pasang bidai deker, janga dibiarkan saja, akan jadi tambah sakit dan akan terjadi cedera lain," tambahnya.

Dokter Andribert mengatakan apabila seandainya ada teman atau kerabat sedang bermain futsal, kesakitan kemudian jatuh, hal pertama yang dilakukan bawa seseorang tersebut langsung ke pinggir lapangan jangan digerakin pada bagian kakinya terutama lutut.