Logo Bloomberg Technoz

Respons Kemenhub Soal Pesawat Airbus A350 Bermasalah

Pramesti Regita Cindy
06 September 2024 14:01

Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kementerian Perhubungan (Kemenhub). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan bahwa tidak ada maskapai penerbangan Indonesia yang menggunakan Airbus A350. Saat ini pesawat Airbus yang beroperasi di Indonesia adalah Airbus A320 dan Airbus A330 dan tidak mengalami kendala komponen mesin yang rusak.

Hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara (Jubir) Kemenhub Adita Irawati merespons kasus komponen mesin rusak pada salah satu pesawat Cathay Pacific Airways Ltd Airbus A350 sehingga memaksa penerbangannya menuju Zurich untuk kembali ke Hong Kong pada Senin (02/09/2024) malam.

"Untuk Airbus yang beroperasi di Indonesia seperti A330 dan A320 belum ada hal spesifik yang mengatakan memiliki permasalahan dengan sparepart yang berkaitan langsung dengan kelaikudaraan pesawat di Indonesia," tegas Adita ketika dihubungi, Jumat (6/5/2024).

Dihubungi secara terpisah, Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) Alvin Lie menegaskan bahwa maskapai dalam negeri tidak menggunakan pesawat Airbus jenis A350.

Airbus A330 miliki AirAsia di bandara Kuala Lumpur International Airport 2 (Samsul Said/Bloomberg)

Disaat yang sama Alvin juga menekankan bahwa kasus yang dialami Cathay Pacific masih dalam tahap penyelidikan penyebabnya, sehingga menurutnya terlalu dini untuk menyimpulkan apakah kejadian yang menimpa produsen pesawat terbang besar tersebut hampir sama dengan yang dialami oleh rekanannya Boeing.