Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi China ‘ Meriang’ Berimbas ke Startup Lowongan Kerja

News
06 September 2024 11:30

Ilustrasi para pencari kerja di China. (Bloomberg)
Ilustrasi para pencari kerja di China. (Bloomberg)

Sangmi Cha-Bloomberg News

Bloomberg, Penurunan saham startup perusahaan rekrutmen online terkemuka di China baru-baru ini mungkin akan berlanjut karena kesulitan ekonomi negara ini menekan permintaan akan pekerja.

Saham Kanzhun Ltd, perusahaan yang didukung oleh raksasa teknologi Tencent Holdings Ltd, yang diperdagangkan di AS telah merosot 45% dari level tertingginya di bulan Mei.

Pendapatan kuartalan yang rilis minggu lalu meleset dari perkiraan analis untuk pertama kalinya sejak debut perdagangannya pada tahun 2021. Kanzhun mengelola situs Boss Zhipin yang menghubungkan pelanggan perusahaan dan pencari kerja melalui pesan langsung. Terlepas dari posisinya yang terdepan di China, komentar manajemen Kanzhun dalam paparan hasil laporan keuangan telah menimbulkan kekhawatiran.

“Perusahaan ini memiliki pandangan negatif yang menunjukkan kurangnya visibilitas karena lemahnya permintaan makroekonomi untuk layanan rekrutmen. Kami merekomendasikan untuk menunggu Boss Zhipin menunjukkan peningkatan pengguna dan perusahaan yang lebih besar sebelum berinvestasi di sahamnya,” tulis analis Morningstar Inc Kai Wang dalam sebuah catatan.

Saham Kanzhun jatuh, startup situs pencarian kerja terbesar di China. (Bloomberg)