Logo Bloomberg Technoz

Tantang Wall Street, China Merger 2 Broker jadi Raksasa Baru

News
06 September 2024 10:40

Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China menggabungkan dua perusahaan pialang terbesar yang didukung oleh negara untuk menciptakan raksasa baru sebagai upaya untuk mengkonsolidasikan industri senilai US$1,7 triliun setara Rp26.147,69 triliun, demi membangun bank investasi yang lebih kuat untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan keuangan di luar negeri.

Guotai Junan Securities Co. digabungkan dengan saingannya yang lebih kecil, Haitong Securities Co. melalui pertukaran saham, menurut pernyataan dari kedua perusahaan pada hari Kamis. Kombinasi kedua perusahaan, yang sebagian dimiliki oleh administrator aset negara Shanghai, akan menciptakan sebuah entitas baru dengan aset 1,6 triliun yuan (US$230 miliar) atau setara Rp3.537,63 triliun, melampaui aset Citic Securities Co. sebagai pialang terbesar di China. 

Merger ini masih menunggu persetujuan dari dewan direksi dan pemegang saham, serta otoritas regulator. 

Kesepakatan ini terjadi setahun setelah Presiden Xi Jinping mendesak regulator keuangan untuk mengembangkan beberapa bank investasi peringkat atas untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan Wall Street yang berekspansi di Cina. Saham-saham pialang lokal melonjak pada hari Jumat pagi.