Logo Bloomberg Technoz

Mantan Pejabat BOJ Sebut Kenaikan Suku Bunga Bisa Lebih Cepat

06 September 2024 09:40

Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)
Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)

Toru Fujioka dan Takashi Umekawa - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut seorang mantan pejabat, bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) dapat menaikkan suku bunga lebih cepat daripada yang diantisipasi banyak orang saat ini. Dia mengatakan bank sentral seharusnya berusaha untuk menyampaikan langkah-langkah tersebut dengan lebih baik guna memastikan pasar tidak panik.

"Kenaikan suku bunga bisa lebih cepat daripada yang diperkirakan semua orang," kata Tsutomu Watanabe, mantan pejabat dan profesor ekonomi di Universitas Tokyo. "Dua langkah lagi tahun ini adalah hal yang mungkin," katanya.

Perbedaan antara alasan BOJ untuk kenaikan suku bunga pada 31 Juli dan tren harga pada saat itu menunjukkan bahwa otoritas berniat menaikkan suku bunga untuk menciptakan penyangga kebijakan terhadap potensi penurunan dan menormalkan pengaturan sesegera mungkin, kata Watanabe, yang merupakan salah satu ahli inflasi terkemuka di Jepang.

Watanabe, yang termasuk dalam daftar calon untuk menjadi gubernur BOJ ketika posisi tersebut kosong tahun lalu, mengatakan pernyataan utama BOJ bahwa inflasi "tetap sesuai" dengan pandangannya, meskipun tren harga tidak menguat, berarti bank sentral dapat bergerak kapan saja sesuai dengan yang mereka inginkan.