Logo Bloomberg Technoz

Menkeu AS Yellen: Pasar Kerja Tetap Sehat Meski Ada Perlambatan

News
06 September 2024 09:20

Janet Yellen (Dok: Bloomberg)
Janet Yellen (Dok: Bloomberg)

Jarrell Dillard - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan pasar tenaga kerja AS sangat sehat dan memuji pengeluaran konsumen dan investasi yang “sangat solid”, meskipun data terbaru menunjukkan adanya penurunan.

“Pasar kerja telah menjadi kurang ketat dalam satu tahun terakhir atau lebih, tetapi tingkat pengangguran yang kita miliki saat ini, menurut standar historis, dianggap sangat rendah,” kata Yellen kepada wartawan di Raleigh, North Carolina, Kamis (05/09/2024). “Penilaian saya adalah bahwa kita memiliki pasar tenaga kerja yang baik dan sehat di mana kita terus menciptakan lapangan kerja.”

Dia berbicara beberapa jam setelah survei penggajian swasta menunjukkan perusahaan-perusahaan AS merekrut pegawai paling sedikit sejak awal 2021 pada bulan Agustus. Pada bulan Juli, tingkat pengangguran mencapai 4,3%, naik hampir satu persen dari level pada awal tahun lalu. Lowongan pekerjaan di AS pada bulan Juli juga turun ke level terendah sejak awal 2021.

Angka-angka tersebut telah memicu kekhawatiran tentang kemungkinan resesi. Pembuat kebijakan di bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) telah memperjelas bahwa mereka tidak mencari pelonggaran lebih lanjut di pasar kerja, dan secara luas diperkirakan akan mulai menurunkan suku bunga pada pertemuan berikutnya, dalam dua minggu.