Logo Bloomberg Technoz

"Bahaya dari 'berita buruk' yang sebenarnya adalah bahkan jika The Fed siap untuk bereaksi secara agresif, mungkin sudah terlambat untuk mencegah pelemahan ekonomi yang sebenarnya," kata Steve Sosnick di Interactive Brokers. "Tetapi ada kekhawatiran bahwa jika beritanya 'terlalu baik,' The Fed mungkin enggan untuk memangkas suku bunga secepat yang diharapkan pasar."

Ramalan pemotongan suku bunga The Fed. (Sumber: Bloomberg)

Di tempat lain di Asia, China mungkin menghadapi kontrol ekspor baru pada teknologi kritis oleh pemerintahan Biden. Washington telah menindak kemampuan China untuk mengakses teknologi canggih yang dibutuhkan untuk kecerdasan buatan, karena kekhawatiran bahwa chip dan komponen canggih dapat memberikan keunggulan militer kepada Beijing.

Pasar juga akan mengawasi pasar obligasi China karena beberapa utang pemerintah yang dibeli oleh bank sentral baru-baru ini sekarang dijual di pasar sekunder, menurut para trader. Ini merupakan sebuah tanda kemungkinan bahwa otoritas sedang sekali lagi mengintervensi untuk mengekang reli utang.

Sementara itu, parlemen Thailand telah mengesahkan anggaran sebesar 3,75 triliun baht, memungkinkan Perdana Menteri yang baru diangkat Paetongtarn Shinawatra untuk meningkatkan pengeluaran negara guna mempercepat pemulihan ekonomi negara.

S&P 500 turun 0,3%. Nvidia Corp naik, dengan analis Bank of America Corp mengatakan penurunan baru-baru ini telah menciptakan peluang pembelian yang "disempurnakan". Tesla Inc melonjak karena rencana untuk meluncurkan asisten pengemudi di China dan Eropa. Pada jam-jam terakhir, Broadcom Inc merosot karena perkiraan yang suam-suam kuku.

Menjelang angka penggajian AS, data ekonomi beragam. Layanan berkembang pada kecepatan sedang, perusahaan menambahkan pekerjaan paling sedikit sejak awal tahun 2021, sementara klaim pengangguran tertinggal dari perkiraan.

Laporan pekerjaan diperkirakan menunjukkan penggajian meningkat sekitar 165.000, berdasarkan perkiraan median dalam survei Bloomberg terhadap ekonom. Meskipun di atas kenaikan 114.000 yang sederhana pada bulan Juli, pertumbuhan rata-rata selama tiga bulan terakhir akan turun menjadi sedikit lebih dari 150.000 - yang terkecil sejak awal tahun 2021.

"Pasar masih mencoba mencari tahu apakah perekonomian melambat terlalu banyak, dan apakah The Fed tertinggal," kata Chris Larkin di E*Trade dari Morgan Stanley.

Di pasar komoditas, minyak naik sedikit pada Jumat karena OPEC+ menunda kenaikan pasokan minyaknya selama dua bulan. Namun, langkah tersebut tidak cukup untuk mengembalikan kerugian besar dalam harga minyak mentah di tengah kekhawatiran tentang permintaan yang rapuh. Emas mempertahankan kenaikannya karena para trader mencerna data AS terbaru.

(bbn)

No more pages