Logo Bloomberg Technoz

Usai Lakukan PHK, eFishery Justru Ekspansi Bisnis ke India

Muhammad Fikri
05 September 2024 21:00

CEO eFishery Gibran Huzaifah (kiri) dan Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C. K. Walandouw (Dok. eFishery)
CEO eFishery Gibran Huzaifah (kiri) dan Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C. K. Walandouw (Dok. eFishery)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Startup teknologi sektor perikanan eFishery buka suara soal Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada sejumlah karyawan pada akhir bulan Juli lalu. Startup tersebut berdalih PHK yang dilakukan pada sejumlah karyawan tersebut merupakan tahapan untuk restrukturisasi dan penyesuaian bisnis.

CEO eFishery Gibran Huzaifah menyampaikan bahwa selain sebagai tahap restrukturisasi dan penyesuaian bisnis, keputusan memutus hubungan kerja terhadap sejumlah karyawan tersebut juga merupakan tahapan startup tersebut menuju sistem digitalisasi.

“Kita memang in the middle of restrukturisasi. Saat itu farmer-nya tidak terbiasa dengan digital, jadi harus ada [pelatihan] offline buat kita educate dulu, semakin akhirnya pertumbuhannya di tim lapangan bisa dikurangi, dan dikombinasi supaya profitabilitas kita juga lebih improve,” kata Gibran kepada wartawan di Senayan, Kamis (5/9/2024)

Gibran juga mengatakan bahwa proses restrukturisasi dan penyesuaian bisnis dengan melakukan tindakan PHK terhadap sejumlah karyawan merupakan hal biasa yang terjadi pada sejumlah startup yang hendak menerapkan digitalisasi pada unit bisnisnya.

“Yang kita lihat memang ini karena penyesuaian di bisnis dan restrukturisasi aja sih. Sebagaimana itu banyak dilakukan di banyak company sebelumnya saat ada digitalisasi kita melihat ada business unit nya kayaknya bisa kita gabung nih supaya lebih efisien,” pungkasnya.