Logo Bloomberg Technoz

Putin Akui Dukung Kamala Harris dalam Pilpres AS Ketimbang Trump

News
05 September 2024 20:20

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Vladimir Putin mengatakan Rusia akan mendukung Wakil Presiden AS Kamala Harris dalam pemilihan presiden (pilpres) November karena didukung oleh Presiden Joe Biden.

“Biden adalah 'favorit' kami, tetapi dia mundur dari pencalonan,” kata Presiden Putin pada Kamis (05/09/2024) sebagai tanggapan atas pertanyaan di sesi pleno Forum Ekonomi Timur di kota Vladivostok, Rusia. “Tetapi dia merekomendasikan agar semua pendukungnya mendukung Harris, jadi kami juga akan mendukungnya.”

Kandidat Partai Republik, Donald Trump, telah memberlakukan “banyak pembatasan dan sanksi terhadap Rusia” selama masa kepresidenan pertamanya, kata Putin. Harris “tertawa dengan sangat menular dan ekspresif, menunjukkan bahwa dia dalam keadaan baik.”

Pemerintahan Biden mengumumkan pada Rabu (04/09/2024) bahwa entitas yang didukung Rusia telah menjalankan operasi besar-besaran selama bertahun-tahun untuk mencampuri pemilihan presiden AS dan secara luas meningkatkan kepentingan Kremlin. FBI mengutip dokumen perencanaan internal dari salah satu entitas yang menyatakan bahwa hal itu sesuai dengan kepentingan Rusia untuk memastikan bahwa Trump atau kandidat Partai Republik lainnya memenangkan Gedung Putih pada bulan November.