Logo Bloomberg Technoz

E-Meterai Eror, Wamen BUMN Minta Dirut Peruri Evaluasi Sistem

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 September 2024 18:40

Seleksi pegawai negeri sipil atau tes CPNS. (Dok: menpan.go.id)
Seleksi pegawai negeri sipil atau tes CPNS. (Dok: menpan.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengaku telah menugaskan Direktur Utama Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) untuk mengevaluasi permasalahan eror saat calon pegawai negeri sipil (CPNS) membeli e-meterai di situs resminya.

Menurut dia, pihaknya akan meningkatkan kapasitas server Peruri untuk mengatasi lonjakan pengguna dalam waktu dekat yang menyebabkan situs pembelian e-meterai Peruri sempat tidak bisa diakses.

“Memang ini kita evaluasi tadi saya sudah bicara dengan Dirut Peruri untuk evaluasi baik dalam proses pendistribusian e-meterainya maupun juga kapasitas server dan kehandalan daripada infrastruktur di Peruri sendiri,” ucap Tiko saat ditemui setelah acara Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Kamis (5/9/2024).

Ia menyebut layanan pembelian e-meterai melalui situs Peruri sudah berjalan dengan normal, namun peningkatan sistem tersebut kemungkinan baru akan rampung dalam waktu satu bulan kedepan.

Tiko juga berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar proses pendaftaran CPNS diperpanjang. Pasalnya, para pendaftar CPNS sempat kesulitan ketika hendak menyematkan e-meterai dalam laman pendaftaran CPNS.