Logo Bloomberg Technoz

Tesla Siap Luncurkan Teknologi Mengemudi Otonom di China & Eropa

News
05 September 2024 16:40

Robotaxi Tesla. (Dok. Bloomberg)
Robotaxi Tesla. (Dok. Bloomberg)

Linda Lew - Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc berencana meluncurkan sistem bantuan pengemudi canggih yang disebut sebagai teknologi mengendara secara otonom penuh (Full Self Driving/FSD) di China dan Eropa pada kuartal pertama tahun depan jika mendapat izin dari regulator.

Akun X resmi Tesla AI, yang berafiliasi dengan pabrikan mobil listrik ini, mengunggah peta jalan peluncuran sistem itu pada Kamis (5/9/2024).

Pengumuman ini menandai bahwa perusahaan itu hampir mendapat izin dari pihak berwenang di kedua wilayah itu atas teknologi mereka. Teknologi ini dianggap sebagai upaya meningkatkan penjualan dan berada di depan dibandingkn pesaing asal China yang juga sedang mengembangkan sistem bantuan mengendara.

Bloomberg melaporkan pada Juni lalu bahwa Tesla melakukan terobosan dalam mendapatkan izin untuk pasar China setelah lolos penilaian keamanan data dan mencapai kesepakatan dengan perusahaan raksasa teknologi negara itu Baidu Inc di sektor pemetaan dan navigasi. Perusahaan ini juga mendapat izin untuk melakukan uji coba teknologi FSD ini di jalan kota Shanghai.