Logo Bloomberg Technoz

“Saya kemudian menggantikan Bang Faisal sebagai Kepala LPEM. Di Era Presiden Gus Dur - Bang Faisal dan saya ditunjuk untuk menjadi staf pak Widjojo Nitisastro dan Pak Ali Wardhana yang diminta Presiden Gus Dur sebagai Penasihat Ekonomi Presiden - terutama dalam proses negosiasi Paris Club dan IMF Program,” kenangnya.

Dri Mulyani juga mendeskripsikan mendiang Faisal sebagai sosok yang “sangat passionate” dan memiliki kecintaan luar biasa kepada Indonesia.

“Bang Faisal ingin Indonesia maju dan bebas korupsi, dan selalu tergerak berjuang bila melihat ketidakadilan. Pemikiran, peran dan posisi Bang Faisal tidak pernah berubah - konsisten- jujur - tegas dan bekerja sepenuh hati,” ujarnya.

“Saya selalu menghargai pandangan dan kritikan Bang Faisal, karena saya tahu Bang Faisal selalu punya niat yang baik tulus dan jujur untuk memperbaiki Indonesia. Kita dan Indonesia kehilangan sosok dan suara jujur itu.”

Ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia di usia 65 tahun, Kamis (5/9/2024), dini hari WIB. Faisal mengembuskan napas terakhir di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta.

Menteri Keuangan Sri Mulyani melayat ke rumah dukaFaisal Basri.(Tangkapan layar Instargram @smindrawati)

"Innalillahi wa innailaihi rodji’un. Telah berpulang ke rahmatullah hari ini Kamis, 5 September 2024, pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta, suami, ayah, anak, abang, adik, uwak, mamak, kami tersayang, Bapak Faisal Basri bin Hasan Basri Batubara pada usia 65 tahun," berikut kabar yang beredar luas di sejumlah kalangan pewarta ekonomi.

"Mohon doanya semoga Rahimahullah diberikan tempat terbaik Jannatul Firdaus, diampuni segala khilafnya, dilapangkan kuburnya, diterima amal ibadahnya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan," lanjut kabar tersebut.

Jenazah Faisal Basri rencananya akan berada di rumah duka di Komplek Gudang Peluru Blok A 60 Jakarta Selatan.

Faisal pamor di kalangan pegiat ekonomi Faisal Basri lahir di Bandung pada 6 November 1959. Pria berdarah Batak Mandailing ini meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan gelar Master of Arts bidang Ekonomi dari Vanderbilt University, Amerika Serikat.

Foto Faisal Basri yang diposting oleh Menkeu Sri Mulyani di Instagram. (Tangkapan layar Instagram @smindrawati)

Faisal merupakan akademisi yang juga menjadi dosen di Fakultas Ekonomi UI. Dia menduduki sejumlah posisi penting di kampus, di antaranya sebagai Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan FEUI (1995–1998), peneliti dan Direktur LPEM FEUI (1993–1995), dan Sekretaris Program Pusat Universitas bidang Ekonomi, UI (1991–1998). 

Dia merupakan salah satu pendiri lembaga think tank Institute for Development of Economics and Finance (Indef) pada kurun 1995—2000.

(wdh)

No more pages