Logo Bloomberg Technoz

Beberapa faktor yang menyebabkan lebih panasnya suhu udara pada bulan Agustus dibanding bulan lainnya adalah karena pada bulan Agustus ini merupakan periode  musim kemarau di mana di sebagian besar wilayah pulau Jawa Juga sudah mengalami hari tanpa hujan (HTH)  30- 60 hari. 

"Pada periode musim kemarau juga cuaca dominan yang terjadi adalah kondisi cuaca cerah dengan tingkat pertumbuhan awan pada siang hari sangat minim. Kondisi ini menyebabkan suhu di siang hari terasa sangat terik, penyinaran matahari pada siang hari ke permukaan Bumi tidak mengalami hambatan oleh awan di atmosfer, sehingga suhu pada siang hari di luar ruangan terasa sangat panas," jelasnya.

Peta suhu panas. (Sumber: BMKG)

Namun, demikian kata Ardhasena kondisi sebaliknya terjadi pada malam sampai dini hari, di mana pada periode kemarau di pulau Jawa suhu minimum juga akan terasa lebih dingin dari biasanya. 

"Kondisi cerah berkepanjangan ini juga terkonfirmasi oleh peta Hari Tanpa Hujan (HTH) yang sebagian wilayahnya mengalami kondisi tanpa hujan lebih dari 30 hari dan sebagian lainnya sudah lebih dari 60 hari tidak mengalami hujan," katanya.

Ia juga mengatakan secara umum, 64% wilayah Zona Musim (ZOM) di Indonesia telah mengalami musim kemarau. Khusus untuk wilayah Jawa, sebanyak 190 ZOM dari total keseluruhan 193 ZOM yang ada di pulau Jawa telah mengalami musim kemarau. 

"Kondisi musim kemarau yang umumnya memiliki karakteristik curah hujan sedikit ini menjadi salah satu penyebab udara terasa panas pada siang hari," tandasnya.

(dec/spt)

No more pages