Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bertemu Bos Besar Vale, Bahas Apa?

Dovana Hasiana
05 September 2024 15:50

Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle
Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Chairman Vale Base Metal Global Mark Cutifani pada hari ini, Kamis (5/9/2024).

Adapun, hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam unggahan pada akun Instagram resminya.

“Pagi ini saya mendampingi Bapak Presiden Joko WIdodo dalam pertemuan dengan Chairman Vale Base Metal Global Mark Cutifani,” tulis Erick dalam akun Instagram miliknya, Kamis (5/9/2024).

Erick mengatakan, Vale Base Metal telah lama bekerja sama dengan Indonesia dalam pengelolaan tambang nikel yang terintegrasi melalui PT Vale Indonesia Tbk (INCO), di mana kepemilikannya terdiri dari 34% saham yang dimiliki oleh BUMN, 33% oleh Vale Canada Limited, 12% oleh Sumitomo Metal Mining, dan 21% oleh publik. 

Vale Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)


Saat ini, Erick mengatakan, INCO sedang mengembangkan kemitraan strategis untuk hilirisasi nikel bersama Ford Motor, Volkswagen Group, serta sejumlah perusahaan besar lainnya, dengan total potensi investasi mencapai US$11 miliar (atau setara Rp169 triliun asumsi kurs saat ini)