Logo Bloomberg Technoz

Hong Kong menangguhkan taman kanak-kanak dan sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus pada Kamis, sementara maskapai penerbangan berbiaya rendah Hong Kong Express Airways Ltd telah membatalkan enam penerbangan. Yagi saat ini berada 380 kilometer di tenggara kota.

Badai tersebut telah menewaskan setidaknya 15 orang di Filipina dan memaksa ribuan orang untuk mengungsi sebelum bergerak ke Laut China Selatan. Kota Haikou di Pulau Hainan akan menutup sekolah, pabrik, dan supermarket mulai Kamis sebagai persiapan untuk Yagi, lapor China Central Television.

Yagi, yang dikenal sebagai Makar di China, bisa menjadi topan terkuat yang melanda pulau tersebut dalam satu dekade terakhir, menurut Administrasi Meteorologi Hainan. Hainan telah mengeluarkan tanggapan darurat tingkat tertinggi kedua, lapor Xinhua, mengutip otoritas manajemen bencana provinsi.

Hujan lebat dari topan dapat mengancam tanaman padi di provinsi Guangdong dan tebu di Guangxi yang berdekatan. Cuaca ekstrem mulai dari gelombang panas hingga banjir telah berdampak pada pertanian di seluruh China musim panas ini.

Setelah Yagi melewati selatan China, diperkirakan akan menuju ke utara Vietnam, meskipun dengan intensitas yang lebih lemah, menurut pusat peringatan topan.

(bbn)

No more pages