Logo Bloomberg Technoz

Hong Kong Siaga Topan Yagi, Sekolah & Penerbangan Ditangguhkan

News
05 September 2024 15:40

Ilustrasi topan di Hong Kong (Bloomberg)
Ilustrasi topan di Hong Kong (Bloomberg)

Ben Sharples dan Dominic Lau - Bloomberg News

Bloomberg, Hong Kong akan mengeluarkan peringatan badai tertinggi ketiga pada Kamis (05/09/2024) malam saat Topan Super Yagi mendekati kota dan bergerak menuju selatan China. Wilayah pesisir bersiap menghadapi angin kencang dan hujan lebat.

Menurut Pusat Peringatan Topan Gabungan, Yagi memiliki kecepatan angin maksimum 130 knot (241 kilometer) per jam. Sistem ini setara dengan badai Kategori 4 pada skala Saffir-Simpson lima tahap, yang dianggap sebagai badai besar yang memiliki kapasitas untuk menimbulkan kerusakan yang dahsyat.

Observatorium Hong Kong mengatakan akan mengeluarkan Sinyal Topan 8 pada pukul 06:20 malam waktu setempat — yang merupakan peringatan angin kencang atau badai. Jika peringatan tetap berlaku hingga pukul 9 pagi pada Jumat, pasar saham kota senilai US$5 triliun itu akan membatalkan sesi perdagangan pagi.

Yagi bisa menjadi topan terakhir yang memaksa penutupan bursa saham Hong Kong. Pusat keuangan ini akan mengakhiri praktik yang telah berjalan selama berpuluh-puluh tahun dalam menutup bursa ketika topan terjadi mulai tanggal 23 September.