Logo Bloomberg Technoz

Moratorium Hotel di Bali Diminta Selektif, Untungkan Warga Lokal

Pramesti Regita Cindy
05 September 2024 15:00

(Dok. Sudamala Resort)
(Dok. Sudamala Resort)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Azhari menilai moratorium pembangunan akomodasi—termasuk hotel, vila, dan resor — di Bali perlu diterapkan secara selektif. Hal ini dilakukan untuk memastikan dampak positif terhadap industri pariwisata dan masyarakat lokal.

Selain itu, dirinya menegaskan wacana kebijakan ini tidak akan efektif jika hanya menargetkan investor besar tanpa memperhatikan kepentingan masyarakat setempat.

"Kebijakan ini [kalau] mau diberlakukan bagi investor, oke saya setuju, tetapi kalau bagi masyarakat yang punya [akomodasi] itu milik masyarakat setempat biarkan. Mereka punya fasilitas itu yang mereka kembangkan, sehingga income per capita mereka bisa naik," kata Azril ketika dihubungi, Kamis (5/9/2024).

Zonasi Akomodasi

Lebih lanjut, dia juga menekankan pentingnya pengelolaan zonasi wilayah wisata untuk mengendalikan pembangunan akomodasi, sehingga masyarakat setempat tetap bisa berpartisipasi dalam sektor pariwisata tanpa harus bersaing dengan investor besar.

Padma Ubud (sumber: padmaresortubud.com)