Logo Bloomberg Technoz

Paus Fransiskus Sebut Harta Paling Berharga Indonesia Bukan Emas

Mis Fransiska Dewi
05 September 2024 14:50

Kunjungan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal Jakarta 5/9/2024. (YouTube KOMSOS KWI)
Kunjungan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal Jakarta 5/9/2024. (YouTube KOMSOS KWI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Paus Fransiskus turut bersyukur akan sejumlah kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Dia pun menerima informasi bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah tambang emas paling besar di dunia.

Meski demikian, dia mengatakan, seluruh kekayaan tambang tersebut bukanlah kekayaan atau harta utama masyarakat Indonesia. Paus bernama asli Jorge Maria Begoglio tersebut pun meminta Indonesia menjaga harta paling utama yaitu persatuan yang terbentuk dari keberagaman; bhineka tunggal ika.

“Jika benar kalian adalah tuan rumah tambang emas terbesar di dunia, ketahuilah bahwa harta yang paling berharga adalah kemauan agar perbedaan tidak menjadi alasan untuk bertikai,” kata Paus Fransiskus dalam sambutannya di terowongan silaturahmi Masjid Istiqlal-Katedral, Kamis (5/9/2024). 

“Tetapi diselaraskan dalam kerukunan dan merasa saling menghormati jangan sia-siakan anugerah ini.” 

Paus Fransiskus menyoroti agar masyarakat Indonesia jangan pernah memiskinkan diri dari kekayaan yang besar. Namun sebaliknya, harus dapat mengembangkan dan mewariskan sumber daya alam terutama kepada kaum muda.