Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Korsel Q2-2024 Menyusut 0,2% Sesuai Perkiraan Awal

News
05 September 2024 13:30

Pemandangan gedung di Korsel. (Dok: Bloomberg)
Pemandangan gedung di Korsel. (Dok: Bloomberg)

Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral Korea Selatan (Korsel) atau Bank of Korea (BOK) mengonfirmasi bahwa perekonomian menyusut pada kuartal kedua, dan memberikan insentif tambahan kepada pembuat kebijakan untuk mengalihkan fokus guna mendukung momentum pertumbuhan setelah inflasi melambat sesuai dengan proyeksi.

Bank sentral mengatakan pada Kamis (05/09/2024) Produk Domestik Bruto (PDB) turun 0,2% dari kuartal sebelumnya, hasil yang sesuai dengan perkiraan awal. Dari tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh 2,3%, juga sesuai dengan angka awal.

BOK bulan lalu memproyeksikan PDB akan tumbuh 2,4% tahun ini dalam pengurangan kecil dari proyeksi sebelumnya, setelah perekonomian berkontraksi pada kuartal kedua.

Perkiraan setahun penuh terbaru masih jauh di atas proyeksi yang diberikan pada awal tahun, sebelum otoritas menyadari kekuatan penuh dari pemulihan ekspor. Permintaan eksternal yang kuat membantu ekonomi Korea Selatan tumbuh sebesar 1,3% pada kuartal pertama dibandingkan dengan tiga bulan terakhir tahun 2023, sebuah hasil yang lebih dari dua kali lipat perkiraan konsensus.

Ekspor Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)