Logo Bloomberg Technoz

Aksi Korporasi Hari Ini, Cum Dividen BNGA Hingga IPO MBMA

Muhammad Julian Fadli
18 April 2023 08:39

IDX Bursa (Dok IDX)
IDX Bursa (Dok IDX)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga aksi korporasi utama akan diselenggarakan Selasa (18/4/2023) hari ini oleh sejumlah emiten.

Pertama, cum date pembagian dividen PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan PT Ifishdeco Tbk (IFSH). Kedua, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) atas emiten PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), dan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC). Ketiga, pencatatan perdana saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA).

Pembagian dividen BNGA hari ini adalah sebesar Rp 115,16/saham. Pembayaran dividen direncanakan berlangsung pada 10 Mei mendatang, dengan Dividend Payout Ratio sebesar 60%. Dengan total pembayaran dividen keseluruhan Rp 2,87 triliun.

Sementara itu, hari ini juga merupakan cum date dividen saham IFSH, dengan pembayaran dividen pada 12 Mei. Adapun jumlah dividen tunai yang akan dibagikan sebesar Rp 28,12/saham dengan total Rp 59,75 miliar dari laba bersih tahun buku 2022.

Cum date dividen merupakan waktu terakhir bagi investor yang ingin membeli suatu saham, sekaligus akan mendapatkan hak atas pembagian dividen dari perusahaan tersebut.