Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Rebound Usai Aksi Jual Global, Yen Menguat

News
05 September 2024 11:10

Ilustrasi bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Chiranjivi Chakraborty - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham Asia kembali menguat setelah aksi jual global karena para pedagang menunggu data penggajian Amerika Serikat (AS) minggu ini untuk mengukur sejauh mana pelonggaran Federal Reserve. Indeks MSCI Asia Pasifik naik 0,5% setelah jatuh lebih dari 2% pada Rabu (4/9/2024), penurunan terbesar sejak penurunan pada 5 Agustus.

Indeks Taiex Taiwan melonjak lebih dari 1%, dipimpin oleh rebound saham-saham pembuat cip. Indeks-indeks acuan di China dan Hong Kong diperdagangkan dalam kisaran yang terbatas.

Imbal hasil obligasi naik setelah suku bunga 10 tahun turun delapan basis poin pada sesi sebelumnya karena perlambatan pasar tenaga kerja AS mendukung spekulasi penurunan suku bunga yang tajam oleh The Fed.

Indeks kekuatan dolar stabil setelah melemah 0,3% pada Rabu. Yen, yang sebelumnya didukung oleh kenaikan upah riil Jepang, menghapus keuntungan. Pasar keuangan global telah menunjukkan reaksi yang sangat besar terhadap data ekonomi AS karena keraguan tumbuh atas kemampuan Fed untuk melakukan soft landing.