Logo Bloomberg Technoz

BOJ Akan Terus Naikkan Suku Bunga Jika Inflasi Selaras Proyeksi

News
05 September 2024 11:30

Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)
Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Bank of Japan (BOJ) akan terus melanjutkan pelonggaran kebijakan yang telah berlangsung selama beberapa dekade jika data ekonomi berkembang sesuai dengan perkiraannya, kata seorang anggota dewan kebijakan.

"Perlu menyesuaikan tingkat pelonggaran" dalam kebijakan moneter jika tren inflasi selaras dengan proyeksi, kata Hajime Takata dalam pidatonya di Ishikawa, Jepang, pada Kamis (5/9/2024). Pernyataan Takata tersebut memperkuat pesan yang disampaikan baru-baru ini oleh Gubernur Kazuo Ueda bahwa bank tersebut akan terus menormalkan pengaturan kebijakannya jika kondisi ekonomi memungkinkan.

Pada saat yang sama, ia mengisyaratkan tidak perlu terburu-buru untuk segera bergerak dengan menyebutkan perlunya memantau pasar keuangan setelah pasar global mengalami gejolak pada awal bulan lalu.

Takata berbicara setelah upah riil pekerja Jepang naik selama dua bulan berturut-turut di Juli. Dalam data tersebut, sebuah indikator yang diawasi secara ketat yang menghindari masalah pengambilan sampel dan tidak termasuk bonus dan lembur menunjukkan bahwa upah untuk pekerja penuh waktu meningkat sebesar 3%.