Logo Bloomberg Technoz

Jokowi: Masalah Iklim Tak akan Selesai dengan Pendekatan Ekonomi

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 September 2024 10:40

Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Istana di IKN (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut permasalahan perubahan iklim tidak akan pernah terselesaikan selama dunia masih menggunakan pendekatan ekonomi dalam menyelesaikannya.

Menurut dia, penyelesaian perubahan iklim perlu pendekatan yang kolaboratif utamanya antara negara maju dan negara berkembang, serta tetap mementingkan kepentingan rakyat kecil.

"Permasalahan perubahan iklim ini tidak akan pernah bisa terselesaikan, selama dunia menggunakan pendekatan ekonomi, selama dunia hanya menghitung keuntungannya sendiri, dan selama dunia hanya mementingkan egosentrisnya sendiri," ucap Jokowi saat membuka Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Jokowi berpandangan ekonomi hijau tidak hanya tentang perlindungan lingkungan, namun tentang bagaimana menciptakan kesejahteraan bagi rakyat yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, ia turut memamerkan upaya RI dalam mencapai net zero emission (NZE) yang menurutnya berkontribusi bagi lingkungan dunia.