Logo Bloomberg Technoz

Kuota Ludes, Subsidi Motor Listrik Dinilai Ampuh Dorong Adopsi EV

Pramesti Regita Cindy
05 September 2024 10:20

Calon pembeli melihat motor listrik di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (9/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Calon pembeli melihat motor listrik di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (9/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Hanggoro Ananata menuturkan program subsidi untuk pembelian kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) roda dua sangat berperan penting dalam memperkecil kesenjangan harga yang masih cukup tinggi antara motor listrik dengan konvensional, sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat.

"Dengan adanya bantuan ini, itu bisa memperkecil gap harganya, sehingga lebih terjangkau bagi masyarakat, dan ini memang cukup ternyata untuk mendukung adopsi kendaraan listrik di Indonesia," tutur Hanggoro ketika dihubungi, Kamis (5/9/2024).

Untuk diketahui, Kementerian Perindustrian belum lama ini telah menambah kembali kuota subsidi untuk motor listrik sebanyak 10 ribu unit hingga akhir 2024. Penambahan ini dilakukan usai kuota sebelumnya sebanyak 50 ribu unit sudah terlewati.

Dengan demikian, lanjut Hanggoro hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap motor listrik.

Penjualan motor listrik di Jakarta, Senin (6/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Selain alasan subsidi, dia menilai bahwa alasan perpindahan masyarakat dari motor konvensional berbasis bahan bakar bensin, karena adanya ketertarikan masyarakat terhadap pengalaman baru dan sensasi yang ditawarkan oleh kendaraan listrik.