Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Penajam Paser Utara 2023 yang diukur berdasarkan produk domestik regional bruto (PDRB) menurut lapangan usaha dan pengeluaran atas dasar harga berlaku, mencapai Rp17,25 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 sebesar Rp9,65 triliun.

Adapun, BPS mencatat ekonomi Kabupaten Penajam Paser Utara 2023 mengalami peningkatan sebesar 29,85% dari 2022.

Selain Kalimantan, Agung mengatakan, Sulawesi juga mendapatkan manfaat dari pembangunan IKN. Hal ini terjadi karena bahan baku untuk pembangunan mayoritas berasal dari Sulawesi, khususnya Sulawesi Tengah.

Bukan hanya itu, Agung mengatakan, banyak negara tetangga yang juga melirik pembangunan IKN, mulai dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

“Singapura adalah negara dengan jumlah letter of intent [LoI] paling banyak di IKN. Jadi IKN akan menjadi hub baru, bukan hanya untuk Indonesia, tetapi saya percaya menjadi hub baru untuk Asia Tenggara,” ujarnya.

Dalam kaitan itu, Agung mengatakan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN bakal seperti Putrajaya di Malaysia, sementara daerah sekitarnya bakal seperti Dubai di Emirat Dubai pada masa mendatang.

“Dubai, sebelum seluruh sumber daya ditemukan, hanya suatu [tempat] di tengah gurun. Namun, sekarang kita melihat apa yang terjadi saat ini. Itulah bagaimana Nusantara pada masa depan,” ujarnya.

Menurut Agung, ide dari Nusantara adalah untuk menjadi pusat ekonomi baru dan menciptakan pertumbuhan yang merata.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi tidak hanya terjadi di Jakarta, Surabaya, Bandung dan pulau-pulau di Jawa yang memiliki 56% populasi di Indonesia, tetapi juga terjadi di Kalimantan.

(dov/wdh)

No more pages