Logo Bloomberg Technoz

OIKN Klaim Ekonomi Penajam Paser Utara Tumbuh 300% Gegara IKN

Dovana Hasiana
05 September 2024 10:00

Titik Nol pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)
Titik Nol pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut ekonomi di Penajam Paser Utara, yang saat ini sebagian merupakan wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), mengalami pertumbuhan sebesar 300% pada 2023.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono mengatakan pembangunan IKN memang memberikan dampak yang besar kepada Kalimantan.

"Penajam Paser Utara, [dan] kabupaten sekitarnya yang saat ini sebagian merupakan wilayah Nusantara, mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 300% pada 2023," ujar Agung dalam agenda Bloomberg CEO Forum, dikutip Kamis (5/9/2023)

Agung menggambarkan sulit untuk mendapatkan tiket pesawat ke Balikpapan bila tidak memesan dari jauh hari sejak pembangunan IKN.

“Kalau anda datang ke Balikpapan, bila tidak memesan tiket penerbangan dari jauh-jauh hari, maka Anda mungkin tidak mendapatkan tempat duduk. Memesan kamar hotel sekarang juga sulit,” sambungnya.

Bendera Merah Putih Berkibar di Komplek Istana Negara IKN, Kalimantan. (Dok: Instagram/@prabowo)