Logo Bloomberg Technoz

Subsidi Motor Listrik 2024 Ludes, Aismoli Minta Dilanjut Terbatas

Pramesti Regita Cindy
05 September 2024 09:30

Suasana pameran motor listrik Inabuyer EV Expo 2023 di Smesco, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristrianto)
Suasana pameran motor listrik Inabuyer EV Expo 2023 di Smesco, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristrianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Hanggoro Ananata berharap adanya keberlanjutan insentif bantuan pembelian kendaraan bermotor listrik roda dua alias subsidi motor listrik.

Hal ini merespons data dari Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira) bahwa sisa alokasi anggaran subsidi tersebut telah mencapai 0 alias telah terpakai sepenuhnya.

"Kalau kami mengharapkan kebijakan ini terus berlanjut ya, sampai dengan waktu tertentu," ungkap Hanggoro ketika dihubungi Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (5/9/2024).

Dia tidak menampik bilamana kebijakan subsidi motor listrik ini tidak akan berlangsung selamanya. Untuk itu, Hanggoro mengusulkan agar ada kebijakan lain yang mendukung ekosistem kendaraan listrik.

"Jadi kami harapkan juga bantuan pembelian ini terus dilakukan dan terus kita evaluasi. Mungkin kita juga mengharapkan tidak hanya di bantuan pembelian, tetapi mungkin dari sisi yang lain, dari sisi ekosistemnya, mungkin ada insentif terkait dengan SPKLU, pembangunan SPKLU, atau kebijakan-kebijakan lain yang memang mendukung ekosistem pertumbuhnya kendaraan listrik di Indonesia," terangnya. 

Perakitan motor listrik Alva di Alva Manufacturing Facility, Cikarang, Jawa Barat, Rabu (20/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)