Logo Bloomberg Technoz

Netanyahu Inginkan Israel Kontrol Distribusi Pangan Gaza

News
05 September 2024 09:00

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu saat konferensi pers di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Marissa Newman - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya akan berjuang untuk mengambil alih kendali distribusi makanan di Jalur Gaza dari tangan Hamas. 

Netanyahu mengatakan pada Rabu (5/9/2024) bahwa langkah ini merupakan upaya menghentikan kegiatan yang digambarkannya sebagai praktik Hamas dalam mendikte bantuan kemanusiaan. 

"Mereka mencuri makanan, mengenakan harga sangat tinggi kepada warga Gaza yang memerlukan dan itu cara mereka untuk tetap bertahan," kata Netanyahu kepada wartawan di Yerusalem. "Kita harus mengambil alih itu dari tangan mereka. Saya tidak mau mengendalikan Gaza. Saya tidak berniat memerintah Gaza. Tetapi saya ingin mengambil alih itu dari mereka."

Masih belum jelas rencana rinci Netanyahu ini, apakah nanti pasukan Israel yang mendistribusikan makanan dan kebutuhan pokok lain kepada warga Palestina, atau kelompok bantuan internasional akan terus melakukan itu tapi di bawah pengawasan Israel.