Logo Bloomberg Technoz

Hong Kong Bersiap Hadapi Topan Super Saat Yagi Menuju China

News
05 September 2024 07:50

Topan Saola Hong Kong (Bloomberg)
Topan Saola Hong Kong (Bloomberg)

Dominic Lau - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Super Yagi beringsut mendekati Hong Kong dan China Selatan setelah menewaskan sedikitnya 15 orang di Filipina dan memaksa ribuan orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. 

Dengan kecepatan angin maksimum 205 kilometer (127 mil) per jam di dekat pusatnya, Yagi bergerak ke arah Pulau Hainan, China, dan Vietnam, demikian menurut Observatorium Hong Kong.

Biro cuaca mengeluarkan sinyal peringatan badai 3--yang terendah kedua dalam skala lima--pada Rabu (4/9/2024) malam dan mengatakan bahwa cuaca di pesisir Guangdong akan memburuk pada Kamis (5/9/2024) dan Jumat (6/9/2024). Observatorium mengatakan akan menilai kebutuhan untuk mengeluarkan peringatan yang lebih tinggi.

Jika kantor cuaca mengeluarkan sinyal badai 8, peringatan tertinggi ketiga, pasar saham senilai US$5 triliun di kota ini akan ditutup setidaknya untuk sebagian hari. Namun, ini bisa jadi merupakan topan terakhir yang akan memaksa penutupan pasar: pusat keuangan ini akan mengakhiri praktik penutupan pasar selama puluhan tahun selama topan dan badai besar mulai 23 September.