Logo Bloomberg Technoz

Sementara anggaran operasional Badan Gizi Nasional untuk tahun ini, menurutnya akan bersumber dari beberapa pos pengeluaran Kementerian/Lembaga (K/L) yang memiliki tugas dan fungsi serupa dengan badan tersebut.

“Saya nggak tahu persis ya, tapi kemungkinan ada. Mungkin diambilkan dari beberapa kegiatan yang nyangkut-nyangkut. Kan itu kesehatan ada, kegiatan yang serupa, mirip-mirip, di [Kementerian] Pertanian ada,” kata Teni.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan anggaran Makan Bergizi Gratis Rp71 triliun akan dikelola oleh Badan Gizi Nasional.

Anggaran tersebut, kata Bendahara Negara, akan dimanfaatkan untuk pemberian makan siang kepada ibu hamil, ibu menyusui, balita, serta peserta didik di seluruh jenjang pendidikan.

“Nah, kenaikannya itu Makanan bergizi Rp71 trilun nanti Badan Gizi Nasional yang sudah dibentuk oleh Presiden sekarang dan akan terus menjadi agensi pengeksekusinya untuk program makan bergizi gratis. Itu akan Rp71 triliun,” ucap Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (4/9/2024).

Pada pemberitaan yang lalu, Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan Hindayana menegaskan anggaran Rp71 triliun bukan hanya untuk program makan siang gratis saja. Selain itu, anggaran Rp71 triliun tersebut sepenuhnya juga akan dikelola pihak Badan Gizi Nasional

Namun, anggaran tersebut juga termasuk untuk mendukung operasional lembaga badan gizi tersebut. Salah satunya untuk membayar gaji pegawai.

"Menyangkut seluruhnya. Termasuk (gaji pegawai)," ujar Dadan kepada wartawan.

(azr/frg)

No more pages