Logo Bloomberg Technoz

Bappenas: Pengadaan Susu dan Makan Gratis Terpusat di Badan Gizi

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 September 2024 21:00

Sekretaris Utama Kementerian PPN atau Bappenas Teni Widuriyanti. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Sekretaris Utama Kementerian PPN atau Bappenas Teni Widuriyanti. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas menyatakan, pengadaan susu dan makanan pada program Makan Bergizi Gratis (MBG) pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan terpusat. Program dengan anggaran mencapai Rp71 triliun akan dikelola hanya oleh Badan Gizi Nasional.

“Semua akan dilakukan di Badan Gizi, akan dipusatkan di situ. Jadi nanti yang punya kegiatan-kegiatan mirip tuh akan ketarik-ketarik, dikumpulkan,” ujar Sekretaris Utama Bappenas Teni Widuriyanti saat ditemui awak media di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2024).

Meski demikian, dia mengklaim pemerintah masih dalam tahap pembahasan soal rincian lebih detil anggaran senilai Rp71 triliun pada program MBG.  Namun, dia memastikan seluruh dana atau anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan makanan bergizi.

Secara lebih detil, menurut dia, penggunaan anggaran akan dipaparkan saat Badan Gizi Nasional mulai terbentuk dan menyusung rencana kerja (Renja), struktur lembaga, dan tanggung jawab kunci dari badan baru itu.

"Dan lewat proposal ini akan dihitung ulang karena ini buat struktur organisasi seperti apa. Jadi kalau saya lihat Rp71 triliun ini sepenuhnya [untuk] program," ujar dia.