Logo Bloomberg Technoz

Paus Fransiskus Kritik Penguasa di Hadapan Presiden Jokowi

Muhammad Fikri
04 September 2024 20:00

Upacara Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus, Istana Kepresidenan Jakarta, 4/9/2024 (YouTube Setpres)
Upacara Penyambutan Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus, Istana Kepresidenan Jakarta, 4/9/2024 (YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Paus Fransiskus mengkritik kebijakan penguasa yang berupaya memberantas keberagaman dengan memaksakan keseragaman pada hidup masyarakat. Hal ini disampaikan saat dia memberikan pidato di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi); presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto; dan para pejabat Kabinet Indonesia Maju.

“Kadang-kadang, ketegangan-ketegangan dengan unsur kekerasan timbul di dalam negara-negara karena mereka yang berkuasa ingin menyeragamkan segala sesuatu dengan memaksakan visi mereka,” kata Paus Fransiskus dalam sambutannya di Istana Negara, Rabu (4/9/2024)

“Bahkan dalam hal-hal yang seharusnya diserahkan kepada otonomi individu-individu atau kelompok-kelompok yang berkaitan.”

Paus bernama asli Jorge Maria Begoglio tersebut menilai, banyak kebijakan-kebijakan penguasa yang berupaya membuat seragam segala sesuatu sesuai dengan visi pribadinya. Selain itu, kebijakan tersebut biasanya juga tak berorientasi pada masa depan dan prinsip-prinsip sosial.

“Akibatnya, sebagian besar umat manusia terpinggirkan, tanpa sarana untuk menjalani hidup yang bermartabat dan tanpa perlindungan dari ketimpangan sosial yang serius dan bertumbuh, yang memicu konflik-konflik yang parah,” kata dia.