Logo Bloomberg Technoz

Singapura Terapkan Aturan Baru Terkait Mpox: Karantina 3 Pekan

News
04 September 2024 19:40

Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)
Kemenkes Pastikan Vaksin Mpox di Indonesia Masih Cukup (Envato)

Karoline Kan - Bloomberg News

Bloomberg, Singapura akan mewajibkan karantina selama tiga pekan di fasilitas yang ditentukan, jika jontak dekat pasien yang terinfeksi jenis mpox (cacar monyet) baru teridentifikasi. Negara tersebut kembali memberlakukan pembatasan era Covid sebagai upaya mencegah penyebaran lokal virus yang bermutasi tersebut.

Menurut pernyataan pada Rabu (04/09/2024) kementerian kesehatan akan memulai pelacakan kontak setelah infeksi dengan jenis mpox clade I yang lebih berbahaya dikonfirmasi. Kontak dekat dengan kasus tersebut akan ditempatkan di fasilitas pemerintah yang ditentukan selama 21 hari, yang merupakan masa inkubasi yang diamati di Afrika.

Negara ini belum mendeteksi jenis clade I yang lebih mematikan yang mendorong WHO pada pertengahan Agustus untuk menyatakan mpox sebagai darurat kesehatan masyarakat global. Sebanyak 14 kasus mpox yang ditemukan di Singapura sejauh ini disebabkan oleh varian IIb yang lebih ringan.

Singapura adalah salah satu dari sedikit negara di kawasan Asia Pasifik yang berhasil memberantas penularan lokal virus corona yang menyebabkan Covid-19 dengan pembatasan agresif termasuk karantina dan pelacakan kontak yang tak kenal lelah. Tanggapan yang intens ini mirip seperti kondisi di awal pandemi Covid, sebelum virus berkembang menjadi lebih menular yang membuat langkah-langkah tersebut menjadi kurang efektif.