Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Eksekusi Pejabat Pemerintahan Akibat Banjir Bandang

News
04 September 2024 19:20

Kim Jong Un. (Dok: Bloomberg)
Kim Jong Un. (Dok: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) mengeksekusi beberapa pejabat pemerintah setelah banjir besar pada akhir Juli menewaskan ribuan orang di wilayah utara negara tersebut.

Menurut laporan TV Chosun, mengutip seorang pejabat pemerintah Korea Selatan (Korsel), sekitar 20 hingga 30 pejabat pemerintah regional di daerah yang terkena banjir ditembak bulan lalu. Banjir dahsyat tersebut mungkin telah menewaskan hinga beberapa ribu orang di daerah yang paling parah dilanda banjir di provinsi Jagang.

Layanan Intelijen Nasional Korea Selatan secara ketat memantau situasi tersebut setelah mendapatkan informasi dari intelijen terkait tentang perkembangan ini, kata seorang juru bicara badan mata-mata tersebut melalui telepon, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Kementerian Unifikasi Korea Selatan yang menangani hubungan dengan Korea Utara menolak berkomentar.

Kim Jong Un mengatakan pada pertemuan darurat partai pada akhir Juli bahwa dia akan dengan tegas menghukum mereka yang "sangat lalai" dalam menjalankan tugasnya dan karenanya bertanggung jawab atas korban jiwa. Aparat propaganda Korea Utara mendistribusikan foto-foto Kim yang mengawasi upaya penyelamatan setelah bencana tersebut tetapi tidak melaporkan adanya kematian.