Logo Bloomberg Technoz

Dewas KPK Kukuh Bacakan Vonis Nurul Ghufron Esok Lusa

Muhammad Fikri
04 September 2024 19:00

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat akan mengikuti tes Calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat akan mengikuti tes Calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) berkukuh akan membacakan vonis dugaan pelanggaran etik Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron pada Jumat depan (6/9/2024). Keputusan tersebut diambil usai Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan eks dosen Universitas Jember tersebut.

“Pak NG [Nurul Ghufron] hadir atau tidak hadir, sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran etik bagi yang bersangkutan jalan terus” kata Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris melalui pesan tertulis, Rabu (4/9/2024).

Sampai dengan berita ini diturunkan, Dewas mengaku belum menerima konfirmasi apakah Ghufron akan hadir atau kembali mangkir pada sidang etik tersebut.

Sebelumnya, polemik terjadi saat Dewas KPK mulai memeriksa dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Ghufron dari laporan masyarakat yang masuk pada pertengahan Desember 2023. Isinya, Ghufron diduga menyalahgunakan jabatannya untuk membantu seorang aparatur sipil negara (ASN) mendapat mutasi di Kementerian Pertanian.

Dalam kasus ini, Sekretaris Jenderal Kementan non aktif, Kasdi Subagyono mengabulkan permintaan Ghufron pada Maret-April 2023. Saat itu, KPK sendiri tengah melakukan pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementan yang kemudian menyeret Kasdi sebagai salah satu tersangka hingga menjadi terpidana.