Logo Bloomberg Technoz

Enam Menteri Ukraina Mundur Jelang Zelenskiy Rombak Pemerintahan

News
04 September 2024 18:00

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Aliaksandr Kudrytski dan Kateryna Chursina - Bloomberg News

Bloomberg, Enam menteri Ukraina mengundurkan diri dari kabinet dalam dua hari, di tengah spekulasi persiapan perombakan besar-besaran pemerintah. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba adalah menteri terbaru yang mengajukan pengunduran diri pada Rabu (04/09/2024).

Kuleba mengikuti Menteri Industri Strategis Oleksandr Kamyshyn, yang mengawasi produksi senjata domestik, Wakil Perdana Menteri untuk Integrasi Eropa Olha Stefanishyna, dan menteri keadilan, perlindungan lingkungan, serta reintegrasi wilayah yang diduduki dalam mengajukan pengunduran diri kepada parlemen. Legislatif akan memilih untuk menyetujui pengunduran diri tersebut pada sesi terdekat, kata ketua majelis Ruslan Stefanchuk dalam sebuah postingan di Facebook.

Presiden Volodymyr Zelenskiy sedang mempersiapkan perombakan pemerintahan saat Ukraina mendekati musim dingin ketiga sejak dimulainya invasi Rusia dan menghadapi serangan rudal Rusia yang semakin meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Perombakan ini terjadi saat Ukraina menghadapi tantangan yang semakin besar dalam mempertahankan pasokan energi di tengah serangan Rusia menjelang musim pemanasan musim dingin.

"Musim gugur akan sangat penting, dan institusi pemerintahan kita harus disesuaikan untuk membantu Ukraina mencapai hasilnya," kata Zelenskiy dalam pidato video hariannya pada Selasa (03/09/2024) malam. "Kita harus memperkuat area tertentu dalam kabinet, dan keputusan staf sudah dipersiapkan."