Logo Bloomberg Technoz

Gojek Setop Operasi di Vietnam, Terungkap 2 Alasan Utamanya

Sultan Ibnu Affan
04 September 2024 16:44

Gojek.
Gojek.

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengumumkan akan segera menghentikan operasional Gojek, unit bisnis on-demand service (ODS), di Vietnam. Penghentian kegiatan bisnis Gojek di Vietnam ini terhitung efektif  tanggal 16 September 2024.

Berdasarkan keterangan resmi manajemen GOTO, setidaknya ada dua hal yang menjadi alasan. Pertama, agar perusahaan bisa lebih fokus mengembangkan dan memperkuat kegiatan operasional yang dapat memberikan potensi pertumbuhan signifikan secara berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan GoTo, Koesoemohadiani, mengatakan bahwa strategi penutupan bisnis Gojek Vietnam ini sejalan dengan agenda Grup GoTo dalam mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Alasan kedua, kontribusi bisnis Gojek Vietnam terhadap bisnis GoTo dan Gojek secara keseluruhan kurang signifikan.

“Bisnis kami di Vietnam menyumbang kurang dari 0,5% dari GTV Grup GoTo dan 2% dari GTV on-demand services di 2Q24. Sehingga, keputusan bisnis ini tidak akan berdampak negatif pada operasional Perseroan  secara lebih luas, serta kinerja bisnis dan keuangan secara menyeluruh,” kata Koesoemohadiani, dalam keterangan resmi, Rabu (4//9/2024).