Logo Bloomberg Technoz

Kata Densus Soal Tangkap 3 Teroris Saat Kunjungan Paus Fransiskus

Redaksi
04 September 2024 15:54

Juru bicara Densus 88 Antiteror Polri, Komisaris Besar Aswin Siregar. (Dok Humas Polri)
Juru bicara Densus 88 Antiteror Polri, Komisaris Besar Aswin Siregar. (Dok Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga orang terduga teroris di Gorontalo; dan Bekasi, Jawa Barat dalam beberapa hari terakhir. Meski demikian, Kepolisian masih belum bisa mengkonfirmasi penangkapan terduga teroris yang berafiliasi dengan Al Qaeda tersebut berkaitan dengan kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia.

“Saat ini, penyidik sedang melakukan investigasi intensif,” kata juru bicara Densus 88 Komisaris Besar Aswin Siregar dikutip dari laman Humas Polri, Rabu (4/9/2024).

Paus Fransiskus tercatat akan melakukan kunjungan apostolik di Indonesia selama empat hari, 3-6 September 2024. Selama kunjungan tersebut, paus bernama asli Jorge Maria Begoglio tersebut akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto, tokoh agama, hingga menggelar misa akbar yang dihadiri 80 ribu umat katolik di GBK.

Densus pertama kali menangkap seorang berinisial YLK di Kecamatan Telaga, Gorontalo pada 21 Agustus lalu. Dalam pemeriksaan, YLK tercatat sudah bergabung dengan sejumlah kelompok teroris, terutama organisasi bernama Al Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP).

Keterlibatannya pertama kali tercatat saat ditangkap polisi dalam kasus kepemilikan senjata api laras panjang pada 2003. Senjata tersebut diketahui milik salah satu terpidana dari kasus Bom Bali I.