Logo Bloomberg Technoz

Siam Cement Group Tambah Kepemilikan di FASW Senilai Rp9,98 T

Sultan Ibnu Affan
04 September 2024 15:15

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (24/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (24/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Siam Cement Group Packing (SCGP), perusahaan yang bergerak dibidang penyedia solusi kemasan telah menambah kepemilikan sahamnya di PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW) atau Fajar Paper senilai Rp9,98 triliun.

Pembelian saham tersebut dilakukan melalui saham yang sebelumnya dimiliki oleh PT Intercipta Sempana di FASW sebesar 44,48% atau setara 1,10 miliar saham. Dengan transaksi tersebut, total kepemilikan saham SCGP di Fajar Paper bertambah menjadi 99,72% atau setara 2,46 miliar saham perseroan.

"SCGP telah secara konsisten memperluas investasi di Indonesia sejak 2013, mengakui negara ini sebagai pasar yang menarik dengan fundamental yang kuat untuk menjadi pemimpin ekonomi global," ujar Chief Executive Officer (CEO) SCGP Wichan Jitpukdee dalam siaran resminya, Rabu (4/9/2024).

Investasi tambahan tersebut juga merupakan awal dari peningkatan efisiensi produksi dan efektivitas biaya energi di Fajar Paper untuk mendukung pemulihan konsumsi domestik dan ekspor Indonesia serta pertumbuhan bisnis di kawasan Asia Tenggara.

Selain FASW, SCGP saat ini juga telah memiliki 5 anak usaha lain di Indonesia. Kelima perusahaan tersebut yakni PT Dayasa Aria Prima, dengan basis produksi wadah bergelombang (corrugated container) ada PT Primacorr Mandiri, PT Indorcorr Packaging Cikarang, PT Indoris Printingdo, dan Intan Group.