Logo Bloomberg Technoz

Curhatan Pelaku Usaha Bali ke Sandiaga Terkait Overtourism

Dinda Decembria
04 September 2024 16:30

Seorang pekerja menyiapkan sofa daybed di pantai Batu Bolong di Canggu, Bali, Kamis (28/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)
Seorang pekerja menyiapkan sofa daybed di pantai Batu Bolong di Canggu, Bali, Kamis (28/12/2023). (Nyimas Laula/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, Yoga Iswara mengatakan wisatawan mancanegara yang datang ke Bali sudah mencapai 50,17% atau 3,5 juta perjalanan dari target 7 juta wisatawan di tahun 2024. 

Sehingga strategi yang dilakukan pasca-pandemi membuahkan hasil. Kendati demikian ada beberapa hal yang perlu di evaluasi dan diperbaiki agar pariwisata Bali ke depan lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Yang terjadi saat ini Bali is not in control seperti masalah OSS yang menjadi review terkait bagaimana kita mengatur pembangunan di Bali. Kemudian dampaknya ada over development overtourism,” ujar Yoga dalam keterangan resmi Kemenparekraf. 

Lebih lanjut, Yoga memahami bahwa over tourism ni penyebabnya bukan disebabkan oleh jumlah wisatawan yang meningkat melainkan tata kelola destinasi pariwisata yang kurang baik.

“Sehingga yang kita butuhkan ke depan adalah tata kelola dan standar pariwisata yang mengatur jumlah wisatawan per hari, dampak terhadap lingkungan hingga sosial seperti apa. Jadi harus berani kita punya seperti itu,” ujar Yoga.