Logo Bloomberg Technoz

Krisis Suku Cadang Menghambat Operasi Pesawat A350 Cathay Pacific

News
04 September 2024 16:10

Armada pesawat Cathay Pacific. (Dok: Bloomberg)
Armada pesawat Cathay Pacific. (Dok: Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Cathay Pacific Airways Ltd mungkin tidak dapat mengoperasikan kembali semua pesawat Airbus SE A350 miliknya secepat yang diharapkan karena kekurangan suku cadang.

Maskapai penerbangan ini telah menghentikan layanan beberapa pesawat dalam beberapa hari terakhir, setelah komponen mesin rusak pada salah satu pesawat A350 memaksa penerbangan yang menuju Zurich untuk kembali ke Hong Kong pada Senin (02/09/2024) malam. Hal ini memicu pemeriksaan pencegahan terhadap mesin pada seluruh armada A350 Cathay yang berjumlah 48 pesawat. Rolls-Royce Holdings Plc adalah satu-satunya pembuat mesin untuk Airbus A350.

Menurut sumber yang tak ingin diketahui identitasnya, dari 48 pesawat yang diperiksa, 15 di antaranya ditemukan membutuhkan komponen selang bahan bakar baru. Maskapai penerbangan tersebut mengatakan pada Rabu (04/09/2024) bahwa komponen yang rusak adalah saluran bahan bakar, mengkonfirmasi laporan Bloomberg sebelumnya tentang pemeriksaan di seputar saluran yang cacat atau rusak.

Para insinyur diminta untuk melakukan pemeriksaan spesifik terhadap selang fleksibel yang memasok bahan bakar ke mesin untuk mengetahui adanya kelainan, deformasi, kekusutan, tonjolan, atau degradasi.